Tugas Modul 3.3.a.4.1
EKSPLORASI KONSEP “PENGELOLAAN PROGRAM
YANG BERDAMPAK PADA MURID”
Oleh
Muslihatun, S.Pd
Instansi : SMPIT Darul Muhsin NW Tanjung
CGP Kab. Lombok Timur Angkatan 2
1.
Dari tayangan tentang bentuk-bentuk
program yang berdampak pada murid, tuliskan dampak pada murid yang dapat Anda amati dari program-program yang ada dalam tayangan
video.
Nama
program |
Dampak pada murid yang
dapat diamati |
Program yang berfokus pada kepemimpinan murid |
Dampak dari program ini yaitu siswa dapat belajar
dengan senang, ceria, dan gembira. Siswa dapat menuangkan ide-ide dan gagasan
yang mereka miliki terkait dengan kelas/sekolah impian yang mereka inginkan
dengan menyenangkan dan penuh antusiasme. Siswa terlatih bekerjasama dan
saling bahu membahu untuk
mewujudkan kelas/sekolah impiannya. Siswa juga terlatih untuk mampu berkomunikasi karena dikahir
kegiatan siswa melakukan sharing/berbagi terkait kegiatan yang mereka lakukan
dalam mewujudkan kelas/sekolah impian mereka. |
Program sekolah yang berfokus pada kepemimpinan murid |
Dampak dari program ini yaitu siswa dilatih untuk melakukan pengendalian diri melalui
kegiatan doa bersama, siswa dilatih menjadi anak yang jujur, cerdas, peduli
sesama, serta bertanggung jawab. Siswa
juga dilatih untuk
memaknai pesan- pesan nilai
kemanusiaan yang di dapat dari setiap materi pelajaran yang mereka pelajari.
Melalui kelas integrasi kakak kelas yang besar
dilatih untuk menjadi
pemimpin agar mampu membimbing adik-adiknya. Melalui
kegiatan praktik siswa dapat belajar dengan aktif dan menyenangkan. |
Kepemimpinan kepala sekolah yang inovatif |
Dampak program ini yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam
kegiatan belajar dan juga siswa senang dan nyaman dalam belajar. Melalui
kelas berkonsep siswa menjadi betah belajar di kelas dan juga mereka dapat
dengan mudah memahami materi yang dipelajari. |
Contoh program sekolah adiwiyata |
Dampak program ini yaitu siswa
menjadi lebih memahami dan sadar akan menjaga lingkungan sekolah. Dengan lingkungan
sekolah yang bersih, nyaman, dan asri maka mereka akan nyaman juga dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran. Selain itu, siswa juga dapat dengan bebas
berkreatifitas untuk membuat taman sehingga sekolah menjadi lebih
hijau dan asri. Dampak lainnya yaitu siswa
menjadi betah berada di sekolah terutama pada jam-jam istirahat. |
Contoh sekolah alam |
Dampak program ini yaitu siswa menjadi lebih nyaman di
dalam belajar. Siswa tidak hanya belajar di dalam kelas saja, melainkan juga
belajar di luar kelas dan di sekitar lingkungan sekolah. Selain itu, siswa
lebih banyak diajak untuk belajar praktik langsung sehingga siswa dapat
dengan mudah memahami materi pembelajaran. Siswa di sekolah ini juga mulai
dapat menunjukkan presatasinya baik di bidang akademik maupun non akademik |
Contoh program yang melibatkan peran serta
masyarakat |
Dampak dari program ini yaitu wajib belajar 9 tahun
dapat dijalankan dengan baik, angka putus sekolah semakin berkurang, para
siswa dapat tertampung dalam proses belajar yang lebih baik. Para siswa
tamatan SD yang akan melanjutkan ke tingkat SMP menjadi senang dan bahagia
karena sekarang sudah
ada SMP yang dekat dari tempat tinggal mereka. Program ini juga
menumbuhkan harapan yang tinggi bagi para generasi emas bangsa untuk
memajukan negara Indonesia. |
2.
Refleksikan program-program yang
telah dilaksanakan di sekolah Anda.
Apakah program- program tersebut sudah berdampak pada murid? Pilih satu program
dan jawab pertanyaan berikut:
a.
Apa nama dan tujuan
program?
b.
Apa saja aktivitas yang ada dalam program
(Apa yang dilakukan murid/guru/kepala sekolah jika ada?)
c.
Apa dampak yang dapat diamati pada murid?
d.
Apakah program yang Anda ceritakan di atas sudah
mengikuti tahapan BAGJA?
Nama Program
BBQ (Belajar Baca Quran) / Tahfiz
Tujuan Program
Setiap siswa harus mampu membaca Al-quran dengan baik, dan ini menjadi sarat kelulusan sekolah. Sehingga siswa harus serius dalam belajar. ketika lulus di SMPIT Darul Muhsin NW Tanjung siswa mampu membaca Al-Quran dengan baik
Aktifitas pada Program
a.
Siswa
Aktifitas siswa :
siswa secara bergantian dibuatkan jadwal BBQ untuk diikuti oleh seluruh siswa,
kemudian siswa belajar baca quran sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
b.
Guru
Yang dilakukan guru adalah memberikan teladan baik dalam Belajar Baca Quran. memberikan bimbingan baca Al Quran diawal pembelajaran.
c.
Kepala Sekolah
Yang dilakukan kepala sekolah adalah mengontrol/mengawasi berjalanya kegiatan fositif yang bisa membangun karakter siswa melalui Belajar Baca Quran
Dampak bagi Murid
Adapun dampak dari program ini bagi murid yaitu murid dapat melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Murid juga dapat menikmati sarana prasarana pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Murid memiliki nilai-nilai religius yang baik, disiplin dalam melakukan kegiatan, mandiri melanjutkan BBQ di Asrama masing-masing, Fasikh dalam membaca Al Quran. Dan memahami maknanya untuk dijadikan pedoman dalam hidup.
Tahapan BAGJA
Menurut saya sudah.
- Buat Pertanyaan, Bagaimana siswa dapat membaca AlQuran dengan baik? Maka
jawabannya adalah melalui program BBQ
- Ambil Pelajaran, Murid yang BBQ nya bagus memiliki karakter yang baik dilihat
dari semangat, disiplin, mandiri, saling menghargai satu sama lain.
- Gali Mimpi, Semua Murid mampu membaca Alquran dengan Fasekh dan memahami
makna yang terkandung sebagai pedoman dalam hidupnya.
- Jabarkan Rencana, Setiap Murid melakukan kegiatan sesuai dengan jadwal yang
telah ditentukan.
- Atur Eksekusi, Sebagai penanggungjawab umum adalah kepala sekolah selaku top
manajemen, Penaggungjawab pelaksana adalah dewan Guru dan Ustaz pembimbing
BBQ/Tahfiz.
3.
Setelah mengetahui bagaimana sebuah
pelaporan harus dipertanggung jawabkan, mulai dari perencanaan, monitoring, evaluasi
hingga pelaporan, apakah program sekolah yang Anda ceritakan di atas sudah
memperhatikan hal-hal tersebut?
Program yang saya sampaikan di atas sudah mengikuti tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan. Program ini diawali dengan perencanaan yaitu Guru atau pembina Tahfiz membuat program yang diajukan kepimpinan Sekolah/yayasan. Yang meliputi nama program,tujuan,sasaran,waktu kegiatan. Pada waktu monitoring murid dikontrol oleh kepala sekolah, pembina BBQ/Tahfiz, dan dewan guru/wali kelas agar melaksanakan sesuai dengan peraturan sekolah. Pada tahap evaluasi, setiap selesai BBQ/Tahfiz atau seminggu sekali pembinaan melakukan evaluasi kegiatan, apakah program ini sudah berjalan sesuai rencana atau sebaliknya. Pada tahap pelaporan, setiap seminggu sekali melaporkan kehadiran dan perkembangan murid dalam BBQ/Tahfiz kepada kepala sekolah atau pimpinan yayasan untuk diberikan umpan balik.
4.
Berikan catatan Anda tentang
identifikasi risiko yang dilakukan oleh sekolah dalam merencanakan dan
mengelola program yang Anda ceritakan di atas.
Kondisi
saat ini |
Kondisi yang akan datang |
Risiko |
||||
Strategis |
Keuangan |
Operasional |
Pemenuhan |
Reputasi |
||
Ada beberapa siswa yang
belum bisa membaca Al Quran dengan baik. |
Semua siswa diharapkan
mampu membaca Al Quran dengan baik karena itu merupakan syarat kelulusan di
SMPIT Darul Muhsin NW |
Semua Guru dan pembina
BBQ/Tahfiz harus mengkondisikan kegiatan sesuai jadwal yang sudah ditentukan
dengan metode masing-masing pembimbing |
Modal kegiatan bersumber
dari dana BOS |
Semua dewan Guru dan
pembina BBQ/Tahfiz yang sudah ditentukan menjadi pembimbing menjalakan tanggung jawab nya |
Setiap selesai kegiatan
melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. |
Jika kegiatan tidak berjalan dengan lancar dan kurang berhasil maka
akan berdampak buruk bagi sekolah karena program unggulan sekolah adalah
program BBQ/Tahfiz |
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar